Saturday, 5 May 2012

Plagiat....isme..

Kampus tempat ku menimba ilmu paling membenci yang namanya plagiat... istilah ini digunakan untuk menggambarkan sebuah tindakan pencontekan ato meniru ato apalah... yang jelas nyontek kerjaan orang lain untuk di aku sebagai karya sendiri... ada beberapa kasus plagiat yang diproses hingga pencopotan sebuah gelar akademis.... hmmm.... sungguh suatu hal yang memalukan sekali..

sebagai mahasiswa, mungkin kita perlu mengetahui yang masuk dalam kategori plagiat tu seperti apa seh... beberapa materi ini saya dapatkan dari dosen yang saya coba sarikan disini... just share saja...
  1. plagiat ntu, klo kita ngopy materi yang bersumber dari internet, seperti wikipedia, hasil searching di google, de el el... yang ga kita sebutin sumbernya.
  2. plagiat ntu, klo kita ngopy sebagian kecil ato semuanya (malah tambah gawat lagi)... materi yang bersumber dari majalah, jurnal ato artikel... trs kita akui itu adalah hasil karya kita...ni kan namanya nyolong... krn ga permisi dulu
untuk ngatasi ato ngindari yg namanya plagiat itu, ada beberapa tips deh... tp jelas, tetap harus menuliskan sumbernya darimana.... karena menurutku ga semua orang pandai menulis...  beberapa orang hanya pintar ngomong tapi klo disuruh nulis... waduh... ampe keringat sebesar biji jagung pun tak sampai dia bisa bikin satu paragraf... untuk ngatasi hal ntu... mau ga mau ya... cheating........ hadeuh... apapun itu.......Cheating is Cheater!!!

trs gimana dong.........nih tipsnya....
  1. sadurlah bahasanya....pake bahasa sendiri aja.......trs... jangan lupa sebutin sumbernya
  2. klo nyontek sebanyak-banyaknya, lengkap ato sama banget ma aslinya...coba kasih tanda petik di antara kalimat tersebut... n.. sebutkan sumbernya lengkap ma nama penerbit dan taonnya
  3. sebaiknya baca berulang-ulang.... kadang2 klo dah nyontek suka lupa apakah kalimat yang satu dah nyambung ato kagak ma kalimat lainnya... jadinya ga enak banget dibaca... klo dah gini ketauan banget kan nyonteknya...
sumber : materi kuliah MTP_II_MPKD_UGM_2011

No comments:

Post a Comment