Friday 27 February 2015

e-Planning



Permasalahan utama dalam perencanaan dan pengendalian pembangunan adalah inkonsistensi, yaitu tidak adanya konsistensi antara perencanaan pada level kabupaten dan kecamatan, tidak adanya konsistensi antara RPJMD, Renstra SKPD dan Renja SKPD, tidak adanya konsistensi antara visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, kebijakan, program dan kegiatan serta pagu indikatif dan sulitnya melakukan katagorisasi program dan kegiatan yang menyebabkan tidak efektifnya program dan kegiatan dalam mencapai sasaran dan prioritas pembangunan tahun berkenaan.

Permasalahan tersebut akan terus kita hadapi apabila kita tidak melakukan terobosan dan inovasi.  Untuk itu, pengembangan aplikasi untuk membantu proses pendataan pada setiap tahapan perencanaan perlu dilakukan dengan membuat manajemen pembangunan secara modern menggunakan sistem teknologi informatika sebagai sarana mempermudah operasi sistem pembangunan.   

e-Planning merupakan sistem yang dikembangkan menggunakan teknologi informasi agar dapat di akses dimanapun berada dan bersifat interaktif. Sehingga kendala waktu dan kendala koordinasi perencanaan secara internal maupun eksternal dapat diminimalisasi. Disamping itu, system ini bukan hanya sebagai alat untuk mengentry kegiatan dan anggaran tetapi menuntun SKPD untuk melakukan proses perencanaan secara baik dan benar. e-Planning diciptakan lebih dari sekedar mempermudah dalam proses perencanaan yang sebelumnya dalam input data secara manual memakan waktu lama, juga mengurangi konsumsi kertas dunia. it's so simple...

Menu Utama e-Planning
Rancangan Awal Renja SKPD
Rancangan Akhir SKPD



No comments:

Post a Comment