Tuesday 22 March 2011

Tanda-tanda Kematian......persiapkanlah dirimu...


Imam Ghazali rahimahullah diriwayatkan telah memperoleh tanda-tanda ini, sehingga beliau mampu menyiapkan diri untuk menghadapi sakaratul maut sendirii. Beliau menyiapkan segalanya termasuk mandi, wuduk serta kafan. Cuma ketika sampai bagian tubuh dan kepala, beliau memanggil abangnya, iaitu Imam Ahmad Ibnu Hambal untuk menyambung tugas tersebut.  Adapun riwayat -riwayat ini memperlihatkan kepada kita sesungguhnya Allah SWT tidak pernah berlaku zalim kepada hambanya. Tanda-tanda yang diberikan ini untuk menjadikan kita umat Islam agar bertaubat dan siap dalam perjalanan menghadap Allah SWT. Tanda-tanda tersebut adalah :

Tanda 100 hari sebelum kematian
Ini adalah tanda pertama dari Allah SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya.  Tanda ini akan berlaku setelah waktu Asar. Seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ke ujung kaki seakan-akan mengigil. Tanda ini dirasakan olehmereka yang sadar bahwa mungkin ini adalah tanda kematian. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa manfaat. Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini maka ini adalah kesempatan terbaik untuk memanfaatkan waktu mempersiapkan diri dengan amalan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.

Tanda 40 hari sebelum kematian
Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Asar. Bagian kepala kita akan berdenyut-denyut. Pada saat ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pohon yang letaknya di atas Arash Allah SWT. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai menyiapkan kematian kita,. malaikat akan mengikuti kita sepanjang waktu. Suatu saat  malaikat maut akan memperlihatkan wajahnya sekilas dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih akan merasakan kebingungan.

Tanda 7 hari sebelum kematian
Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan di mana orang sakit yang tidak makan secara tiba-tiba berselera untuk makan.

Tanda 3 hari sebelum kematian
Pada saat ini akan terasa denyutan di bagian tengah dahi. Jika tanda ini dapat dirasakan maka sebaiknya kita berpuasa agar perut tidak mengandung banyak najis dan semoga dapat memudahkan bagi orang yang akan memandikan kita nanti. Pada saat ini juga mata hitam kita tidak bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya seakan-akan terlihat jatuh, jika kita melihat dari bagian sisi. Telinganya akan layu dimana bagian ujungnya akan berangsur-ansgur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.

Tanda 1 hari
Akan berlaku sesudah waktu Asar di mana kita akan merasakan satu denyutan di belakang, yaitu di kawasan ubun-ubun yang menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Asar keesokan harinya

Tanda akhir
Akan berlaku keadaan di mana kita akan merasakan satu keadaan sejuk di bagian pusat sampai ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bagian tenggorokan. Pada saat ini hendaklah kita terus mengucap kalimah syahadah dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada Allah SWT yang telah menghidupkan kita dan  akan mematikan pula.

Sesungguhnya marilah kita bertaqwa dan berdoa kepada Allah SWT. semoga kita adalah di antara orang-orang yang dipilih oleh Allah yang akan diberi kesadaran untuk peka terhadap tanda-tanda kematian ini. semoga kita dapat membuat persiapan terakhir dalam usaha memohon keampunan semata dari Allah SWT maupun dari manusia sendiri dari segala dosa dan urusan hutang piutang kita.

No comments:

Post a Comment