Friday 30 March 2012

Jangan Sombong deh....

Suatu hari saat makan siang di jalan Monjali Yogjakarta yang menyuguhkan hidangan prasmanan, bersamaku dua orang teman satu kelas makan bareng...panas sekali hari itu...sungguh nikmat saat makan nasi cumi plus minum jus sirsak....ga ada duanya deh...nikmat sekali....ga sengaja kita cerita-cerita....entah mulainya darimana...tapi akhir cerita yang ingin ku share disini......

ini tentang sifat sombong.....menurut Hadist, kesombongan itu ...
  1. Tiada masuk surga orang yang dalam hatinya terdapat sebesar biji sawi dari kesombongan. (HR. Muslim)
  2. Barangsiapa memanjangkan pakaiannya (sehingga menyeret di tanah) karena kesombongannya maka Allah tidak akan memandangnya kelak pada hari kiamat. (HR. Bukhari dan Muslim)
  3. Keagungan adalah sarungKu dan kesombongan adalah pakaianKu. Barangsiapa merebutnya (dari Aku) maka Aku menyiksanya. (HR. Muslim)
  4. Selagi orang berjalan dan merasa bangga dengan tutup kepala dan kedua baju rangkapnya maka tiba-tiba dia dibenamkan ke dalam tanah lalu dia bergelimang di dalam tanah sampai hari kiamat. (HR. Muslim)
  5. Ada tiga perkara yang membinasakan yaitu hawa nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seorang yang membanggakan dirinya sendiri. (HR. Ath-Thabrani dan Anas)
  6. Barangsiapa membanggakan dirinya sendiri dan berjalan dengan angkuh maka dia akan menghadap Allah dan Allah murka kepadanya. (HR. Ahmad)
Rasulullah SAW bersabda : ” Tidak akan masuk Syorga orang yang ada di dalam dirinya seberat zarrah dari sifat sombong “. Kita tahu bahwa ” Kebesaran ” hanyalah milik Allah semata.Oleh sebab itu tak pantas kita memiliki sedikitpun rasa sombong di dalam jiwa sanubari kita.Kalau ada,cepatlah buang jauh-jauh,jangan biarkan ia bersemayam di dalam diri kita. Keluarnya Iblis dari Surga karena sifat sombongnya....merasa diri lebih mulia dari Adam yang diciptakan dari tanah,sementara ia di ciptakan dari Api.

Penyebab penyakit sombong antara lain :
  1. Faktor lingkungan dan keturunan, dimana seseorang tumbuh sangat terpengaruh dari faktor keluarga dan lingkungan. kata orang, buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya...sifat positif maupun negatif dari orangtua sangat mempengaruhi karakter anak...so...dari kecil pupuklah anak bersikap yang rendah hati
  2. Sanjungan dan pujian yang berlebihan tanpa memperhatikan etika agama seringkali membuat seseorang lupa diri
  3. Bergaul dengan orang memang sombong....bisa-bisa ketularan sombong tuh....ati-ati aje....
  4. Kufur nikmat dan lupa klo semua itu dari Allah
  5. Menangani suatu pekerjaan belum matang dan belum terbina.......berlagak pinterrr....padahal...?
  6. Jahil dan lupa daratan....maunya ke laut aja kalee....sebenarnya analognya, klo orang yang belum mengenap siapa dirinya....bagaimana ia akan mengenal Tuhannya...jadi yang muncul cuma sifat sombongnya.....
  7. Bangga dengan nasab dan keturunan.....misalnya bangga karena keturunan bule...padahal...bule itu kan kepanjangan dari.....(hehehe.......tebak aja ndiri....)
  8. Berlebih-lebihan dalam memuliakan dan menghormati....karena yang patut dilebihkan itu hanyalah Allah SWT
Sungguh, kita semua tidak ingin dimurkai Allah....ga berkah hidup kita....sengasara......so, jauhilah sifat sombong dan angkuh itu....Terima kasih buat teman yang sudah mengingatkan........

(sumber : http://kumpulanhadist.arisyi-design.web.id dan http://sosbud.kompasiana.com) 

No comments:

Post a Comment