Tuesday 4 June 2013

Berapa lama harusnya batuk mereda?

Ketika batuk menyerang, rasanya sangat mengganggu apalagi dah hampir seminggu ga juga berhenti. mau ga mau pergi juga ke dokter dan minta diresepin obat. Tau gak, selama ini kita menyangka batuk biasanya akan hilang dalam waktu satu minggu dan bila ternyata lebih, itu artinya kita butuh bantuan antibiotik. sementara menurut ahli, estimasi waktu satu minggu itu ternyata keliru. bahkan, akhirnya memicu penggunaan antibiotik secara berlebihan.

Terkadang menurut Dr. Robert Graham (seorang internis di Lenox Hill Hospital, NY) batuk itu disebabkan oleh virus yang belum tentu merespon. Jadi berapa lama batuk itu kira-kira menetap di tubuh kita?

Menurut penelitian dari University og Georgia, biasanya batuk akan sembuh dalam waktu tiga minggu atau sekitar 17,8 hari. sementara survei yang dilakukan menemukan, bahwa kebanyakan orang mengalami kesembuhan dari batuk sekitar 7-9 hari. namun karena sudah ga nahan, sebagian besar mereka pergi ke dokter dan minta antibiotik.

Masalahnya, para pasien ini keliru bila mengira antibiotik dapat membantu mereka sembuh. Faktanya, jika seorang pasien mulai meminum antibiotik pada tujuh hari setelah menderia batuk, mereka secara alami akan merasa lebih baik sekitar tiga hingga empat hari kemudian. setelah itu batuknya akan menghilang dalam waktu 10 hari.

Bila dihitung, lamanya akan sama dengan durasi rata-rata menetapnya batuk akut di badan. Jadi, bila kita percaya antibiotik itu bisa menyembuhkan batuk, ternyata salah. Sebenarnya, waktulah obat yang terbaik bagi para penderitanya.



sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment