Monday 24 June 2013

Tidur setelah makan

Setelah makan ga jarang bikin kita mengantuk, apalagi abis makan siang. Obat mujarab untuk mengatasi mengantuk, ya tentu saja tidur. Tapi kate dokterku, hati-hati klo kebiasaan tidur setelah makan....simak deh :
  1. Tenggorokan terasa terbakar. Ini karena dipicu oleh refluks asam (Gastroesophageal reflux diseases (GERD)), yaitu tidak menutupnya katup antara perut dan kerongkongan. Hal ini memungkinkan asam lambung menjalar ke tenggorokan dan menyebabkan sensasi tenggorokan terbakar. 
  2. Rasa panas di dada yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung dan hal ini dapat memicu sakit maag. Saat tubuh tidur dan beristirahat, sebenarnya sistem pencernaan justru akan bekerja lebih keras. Terkadang bisa juga menimbulkan rasa panas pada perut, dada, dan tenggorokan.
  3. Berat badan naik, karena makan larut malam sebelum tidur membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Jadi kalau kelaparan saat terbangun tengah malam, camilan sehat seperti buah dan salad lebih disarankan untuk dikonsumsi daripada makanan seperti kue-kue,pizza, mie, atau nasi sekali pun.
  4. Serangan stroke. Hasil sebuah penelitian yang dilakukan University of Ioannina, Yunani, menemukan bahwa perilaku tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko mengalami serangan stroke. Penelitian yang melibatkan 500 responden orang sehat menemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.


Sumber : Dokterku

No comments:

Post a Comment