Monday 9 March 2015

Forum Gabungan SKPD


Forum gabungan SKPD adalah wadah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan dengan SKPD atau gabungan SKPD serta menyusun dan menyempurnakan Renja SKPD.


Tujuan dilaksanakannya forum gabungan SKPD adalah :
  • Mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan dengan rancangan Renja SKPD.
  • Menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan dalam Renja SKPD.
  • Menyesuaikan prioritas Renja SKPD dengan alokasi anggaran indikatif SKPD yang tercantum dalam rancangan awal RKPD.
  • Mengidentifikasi efektivitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD

Secara manual, forum gabungan SKPD biasanya dilaksanakan minimal 4 hari karena ada semacam negosiasi pelaksanaan program dan kegiatan prioritas tahun mendatang dan input data yang memakan waktu lama. Namun, dengan adanya e-Planning, proses perencanaan dapat diminimalisasi waktunya. SKPD sebaiknya dalam menyetujui usulan program dan kegiatan yang dibawa Kecamatan sebagai hasil Musrenbang Kecamatan menyertakan analisis kewilayahan dan skala prioritas.

Daftar usulan program dan kegiatan yang disetujui dalam forum gabungan SKPD otomatis akan menjadi Renja SKPD. Disinilah proses perencanaan Bottom up dan Top down terlihat. Tak ada lagi Kecamatan dan Desa mengeluh apabila usulan mereka tidak ada yang masuk dalam program pembangunan, karena semua ada alasan dan pertimbangannya.




No comments:

Post a Comment