Thursday 11 August 2011

Deskripsi Lokasi

TAdi sore, p. yoso ngasih pencerahan tentang mendeskripsikan sebuah lokasi.......kata beliau...paling tidak dalam deskripsi lokasi mesti ada hal-hal berikut :

  1. letak geografis, secara lintang-bujur
  2. fisiografis, berada di dataran rendah ato dataran tinggi 
  3. letak administrasi, berada dimana, batas-batas wilayah, jarak antar wilayah, jumlah kecamatan/desa
  4. topografi, apakah konturnya bergelombang atau terjal
  5. kelerengan, sebagai sudut yang dibentuk oleh permukaan dengan horisontal, dan menunjukkan hubungan dari permukaan tempat tumbuh terhadap horisonta. Lereng merubah intensitas pengeringan dengan cara merubah sudut jatuh sinar matahari.
  6. aksesibilitas, kemampuan berinteraksi dengan wilayah lain...
yang perlu di ingat, dalam deskripsi lokasi ini, jangan lupa nyantumin peta....supaya kita-kita yang baca deskripsi lo, ga cuma bisa ngebayangin....tapi bisa liat bahwa lokasi itu....disitu....dekat lokasi ini...dsb ..
eh...kalian pada daha tau belon arti peta...?...menurut pak AR.....Peta itu sutu penggambaran secara grafis atau bentuk skala (perbandingan) dari konsep mengenai bumi....atinya peta itu....merupakan alat untuk menyampaikan informasi mengenai ilmu bumi. Peta juga menjadi media yang universal untuk komunikasi sehingga dapat mudah dipahami dan dimengerti oleh setiap orang dengan mengabaikan budaya dan bahasa. Sebuah peta merupakan kumpulan gagasan, penggambaran tunggal, konsep-konsep mengenai ilmu bumi yang secara terus menerus mengalami perubahan.........gitu....demikianlah...moga aja ngerti....hehehe

No comments:

Post a Comment