Tuesday 9 August 2011

Pengolahan data kuantitatif....



Oke…kali ini saya mo bahas tentang pengolahan data kuantitatif….sebenarnya materi ini baru tadi sore diajarin ma dosen yang super gagah dan enak dipandang mata, mr. Rijanta…(dibaca : Riyanto…)….tapi walau begitu, tetap aja ngantuk….hehe…..jam 15.00, bro…waktu yang asyik buat mengistirahatkan mata…….Tapi gak papa lah….

Pengolahan data ntu sebenarnya bertujuan untuk menyederhanakan sajian data untuk keperluan tertentu dengan menggunakan berbagai metode ato teknis manipulasi data…misalnya dengan hitungan matematis, table, diagram, grafik maupun gambar termasuk peta-peta…

Kata mr. dosen tadi, dalam pengolahan data yang paling penting itu adalah tingkat ukuran data….klo kita nyajikan datanya oke, berbobot, ringkas dan sistematis..…ntu artinya data kita layak untuk dipresentasikan….sementara kalo kita nyajiin data masih kayak tumpukan kuistioner 1 truk.......tanpa ada usaha kompilasi maupun analisis…..duh….apa kata dunia…?...ampe tahun anggaran proyek abis, ga bakalan selesai menjelaskan satu per satu isinya……bisa-bisa kita dipecat ma bos, karena ga bisa menyederhanakan data....masak bos mau baca seisi truk seh....ga kuku gito lhooo......

Tingkat ukuran data itu terdiri atas 2 ukuran,  yaitu…
1.     ukuran kualitatif
ukuran ini juga terdiri atas 2 macam, pertama ukuran nominal…..yaitu ukuran yang dapat membedakan kategori-kategori sederhana, seperti…ngebedain warna, jenis kelamin, atau nama orang per orang…….sementara yang kedua itu namanya ukuran ordinal yang merupakan ukuran data ranking atau tingkatan, misalnya kecil, sedang ampe besar…..ngertikan???
2.     ukuran kuantitatif
ukuran ini ada yang bersifat interval, yaitu ukuran data dengan nilai 0 relatif, kayak ukuran suhu ato temperature….ntu kan pake alat tertentu supaya dapet nilainya ….yang kedua, namanya ukuran yang bersifat rasio…..ukuran ini mempunyai nilai 0 mutlak….artinya bisa diukur pake penggaris, meteran ato timbangan….terserahlah…. contohnya jarak antar kota, berat badan, jumlah anggota keluarga……..gitu lho..

kata dosen tadi, demi mendapatkan pemahaman yang jelas tentang tingkat ukuran data, masing-masing mahasiswa disuruh bikin executive summary tentang apa aja…ga lebih dari 2 halaman…yang jelas kedua tingkat ukuran tersebut include dalam summary ntu……..waduh….?!?....siapa yg mau bikinin essay buat aku ya….batas waktu ampe besok deh….ditunggu ya….

No comments:

Post a Comment