Tuesday 9 August 2011

Metode KJ

Metode KJ (Metode Kawa-Kita Jiro) ato metode berpikir kelompok ini diajarin ma bapak Ir. Gunung Radjiman, M.Sc....belian ne salah satu pengajar di MPKD. klo mo tau profil beliau klik aja di  http://mpkd.ugm.ac.id/?p=280.

kembali ke Metode KJ...sebenarnya metode ini merupakan metode yang menjadikan seseorang bekerja secara sistematik, membuat suatu hipotesa dari pengetahuan dan pengalaman. metode ini dapat menciptakan kerja dengan pendekatan-pendekatan luas dari berpikir kelompok...Metode ini berasal daro profesor Kawakita Jiro dari Jepang sana....bukan dari indonesia.....!........metode ini memungkinkan kamu, saya dan anda dapat berpikir secara terbuka melalui proses pengungkapan ide...nah lo....jadi berpikir individu tuh ga sama hasilnya klo berpikir secara kelompok...

coba bayangkan......(tapi jangan kelamaan ya...)..saya, kamu dan anda...masing-masing tercipta memiliki tata nilai dan keinginan yang berbeda-beda...cuma biasanya....klo saya sih...mencoba menyesuaikan tata nilai ntu dengan apa yang ada dalam kebiasaanku.  jadi ga mudahlah ntu....tapi biasanya punya tata nilai begitu...hidupnya survive lho........!....coba klo maksa...ga bakal idup tu orang, bro!

trus apa hubungannya ma program kuliah saya???.......gini sis n bro....yang namanya perencanaan kota ntu kan tidak hanya didominasi oleh ilmu ke-planologi-an aje...dalam analisisnya...perlu banyak pemikiran...tergantung pada keahlian masing-masing....saya mungkin ahli dibidang tata letak, tapi ngitung PDRB daku kagak bisa....apalagi analisis kelayakan ruang untuk pertanian...ntu kan perlu banyak kepala yang mikirin....gityuu lho...

jadi, klo diringkas, tujuan di ajarin metode ini, biar kita bisa menggali sebanyak mungkin pemikiran, ide, gagasan orisinil dalam waktu pendek...ga perlu lama-lama lah....untuk memecahkan permasalahan dengan berpikir bersama melalui basis kerja kelompok.........hidup itu ga sendiri, bro!....klo kerja bareng-bareng kan hasilnya nyata tuh....kita bisa mempererat  kebersamaan dan menimbulkan rasa tanggung jawab....lagipula kita bisa menghasilkan solusi yang oke.....bener ga???.....bener aja dunkkkk........!

1 comment:

  1. Bener bro, di Jepang ada empat teknik brainstoring yg umum dikenal (four Japanese brainstorming techniques):
    1. KJ Method (Professor Kawakita Jiro)
    2. MBS Method (Mitsubishi Brainstorming Method) ; Sadami Aoki)
    3. NHK Method (Hiroshi Takahashi)
    4. Lotus Blossom (Matsumura Yasuo)

    ReplyDelete