Wednesday 4 January 2012

Perlunya Data dan Informasi


Pelaksanaan kegiatan pembangunan sangat memerlukan data dan informasi sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Terlebih pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut bersifat kompleks dan harus ditangani dengan  yang cepat sehingga memerlukan data dan informasi sebagai bahan analisis untuk mengambil kebijakan penanganan.
Data dan informasi yang bersifat keruangan (spasial) terutama dalam hal Inventarisasi potensi sumberdaya lahan merupakan bentuk informasi yang diperlukan untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pembangunan. Data dan informasi spasial tersebut diperlukan untuk menganalisis berbagai aspek fisik wilayah yang dapat dikombinasikan dengan berbagai bentuk data lainnya untuk menghasilkan data dan informasi dengan tingkat akurasi, aktualitas, cepat, andal dan memiliki aksesibilitas penyampaian data  yang tinggi. Informasi tersebut diperoleh dari integrasi teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis (SIG) yang menyajikan informasi fakta wilayah dalam suatu sistem yang  memenuhi  aspek-aspek kualitas, kuantitas, kecepatan dan ketepatan waktu perolehan informasi suatu wilayah.
Sejalan dengan hal tersebut, kebijakan otonomi daerah (Otoda) dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 tahun 1999 dengan prinsip otonomi yang luas, nyata, dan bertanggung jawab sangat menekankan pada prinsip demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan, keadilan serta memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah. Oleh karena itu setiap wilayah Otoda harus mempunyai data dasar wilayahnya yang berbentuk spasial. Data dasar spasial yang utama adalah batas administrasi, berupa bentuk lahan mencakup ketinggian wilayah, kelerengan, jaringan sungai dan jalan, penutup lahan termasuk wilayah-wilayah strategis baik dari segi ekonomi maupun politik dan sosial budaya.
Sehubungan dengan keperluan tersebut di atas, maka Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Bappeda Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaksanakan kegiatan Penyusunan Basis Data Spasial Kabupaten Tabalong yang menghasilkan peta-peta tematik yang diolah dari peta citra satelit maupun peta resolusi tinggi untuk wilayah Kabupaten Tabalong. Peta-peta tematik ini diharapkan menjadi acuan bagi SKPD-SKPD maupun publik sebagai bahan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan maupun pengendalian kegiatan pembangunan di Kabupaten Tabalong.

No comments:

Post a Comment