Tuesday 3 April 2012

Mengatasi Stress...

Buat kita-kita yang lagi stres karena pekerjaan numpuk, tugas kuliah sejibun, ditambah urusan anak yang harus beres...cobalah tips berikut ini :
  1. Tarik nafas dalam-dalam, sewaktu kita menarik nafas dalam-dalam secara sadar, itu akan membuat kita lebih relaks...coba taruh tangan diatas perut dan pandanglah perut yang mengembang sekitar 3-4 detik, tahan nafasmu, kemudian lepaskan nafas pelan-pelan. 
  2. Pikirkan hal yang menyenangkan, misalnya rencana yang akan kita lakukan saat weekend bersama keluarga ato rencana mo wisata kuliner kemana......karena itu akan melatih otak untuk tidak memikirkan kejadian yang tidak menyenangkan yang terjadi hari itu. 
  3. Lakukan Perubahan kecil terhadap rutinitas kita...... misalnya menyoba makanan baru yang tidak pernah anda rasakan ato ikut BL....ato ngeceng di grha Sbha UGM....hehe
  4. Keluarkan dan pandang foto-foto hari special yang membahagiakan, misalnya foto-foto saat kita camping ato mancing ato pas ikutan kontes...terus juara...
  5. Berilah pujian untuk sekeliling anda.....Studi menemukan bahwa semakin banyak kita memberikan perlakuan hangat kepada sekeliling kita, semakin kita tahan terhadap stress....maka itu pujilah hasil kerja teman-teman kita karena itu akan berakibat baik untuk kedua belah pihak 
  6. Jadilakanlah hari Senin itu sebagai hari yang menyenangkan......soalnya banyak orang yang ga suka hari Senin karena memikirkan kerjaan menumpuk dan penantian yang lama untuk ke akhir minggu. Survey membuktikan bahwa serangan jantung lebih banyak terjadi di hari Senin daripada hari-hari lainnya. Oleh sebab itu, jadwalkan kegiatan yang menyenangkan justru di hari Senin karena kita akan menanti-nantikan hari tersebut daripada membencinya.
  7. Berilah waktu 15 menit untuk menyendiri sebelum pulang ke rumah..........Setelah jam kerja/ kuliah berakhir, bersantailah sejenak sekitar 15 menit sebelum memutuskan untuk pulang ke rumah. Itu bukanlah berarti kita menghabiskan waktu, tetapi akan membantu diri kita untuk menjauhkan kepenatan yang didapat di kantor/kampus, sehingga mood kita akan menjadi lebih baik saat tiba di rumah.
  8. Bikinlah daftar tentang kekhawatiran kita.........karena kadang kita terlalu khawatir sampai tidak bisa tidur di malam hari. Jika ini terjadi, ambil lah kertas dan tulislah semua kekhawatiran, kemudian bicaralah pada diri kita sendiri bahwa kita baru akan khawatir besok hari. Kita akan terkejut saat memandang kekhawatiran tersebut secara berbeda keesokan harinya.
  9. Belajar untuk bertengkar secara fair...........Dalam suatu polling, bertengkar dengan sesama adalah salah satu stress terbesar. Menurut bonnie Eaker Weil, PhD, ambilah 5 menit time-out untuk menarik nafas dan calm down dan akhirilah pertengkaran dengan hal-hal yang positif seperti seling peluk atau cium....hal ini akan mengurangi stres anda.
  10. Menghirup wangi tanam-tanaman...........Menurut Sue Jonas ahli aromaterapi, mencium wangi Valerian bisa membantu kita tidur dan wangi bunga mawar akan menenangkan pikiran kita. 
  11. Melihat dari sudut pandang yg berbeda................Pada saat kita menghadapi masalah, cobalah melihat dari sudut pandang yg berbeda. Tariklah nafas yang dalam, dan bayangkan stress yang menghilang dan kebahagiaan yang menanti kita.
Tapi yang terpenting....cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar kita terhindar dari bertumpuknya pekerjaan yang harus diselesaikan....... ini sudah ku coba....buktikan saja dengan kalian....hehehe.......

No comments:

Post a Comment