Monday 14 January 2013

Pneumonia

Seminggu lebih ga ngeblog, rasanya ada sesuatu yang hilang... yah...offline sementara untuk merawat anak bungsuku (Muhammad Fawwazi azka) yang terkena pneumonia. hmmm...baru denger ya?

Pneumonia merupakan istilah kedokteran yang klo diterjemahkan artinya infeksi (radang) pada paru-paru..penyakit ini menurut berita merupakan penyumbang kematian terbesar pada anak-anak. hmm...mengerikan ya... untung saja anakku segera ditangani... Alhamdulillah, sekarang sudah mulai ceria lagi.


Radang paru-paru itu disebabkan oleh virus maupun bakteri. kata salah satu dokter di Rumah Sakit Siloam Balikpapan yang menangani anakku,  infeksi inilah yang menyebabkan bengkak dan berlendir pada saluran pernafasan, sehingga azka kesulitan untuk bernafas. Kebayang ga klo anak sekecil azka susah bernafas?

Pertamanya memang cuma didiagnosa flu biasa, maklum saat ini di Kalimantan lagi musim hujan. tapi gejalanya malah berlanjut pada batuk, muntah, dadanya sakit, ga mau makan trus pagi-pagi kaki dan tangan azka dah mulai biru. wah...! Hasil test darah yang dilakukan oleh laboratorium ga menunjukan sesuatu yang berarti, kemudian disarankan oleh tim dokter untuk rontgen...dan hasilnya "positif pneumonia".

sejak itu, Azka harus opname dan mendapat perawatan yang intensif dari dokter. mulai harus menjalani  metode uap menggunakan alat nebulizer hingga menggunakan sinar infra red dalam fisioterapi untuk mengencerkan lendir. Hasil kerja dokter yang maksimal, akhirnya cukup 5 hari azka sudah menunjukkan tanda-tanda sembuh dan kembali ceria. btw, sekedar sharring, klo anak kita menunjukan gejala tersebut di atas, sesegera mungkin ditangani ya bun, pak, om, tante.... kita sebagai orang awam mengertinya cuma kena flu biasa,tapi klo dah mulai mengganggu pernafasannya...go to the doctor quickly...!



No comments:

Post a Comment