Friday 6 June 2014

Keterkaitan aspek social, ekonomi dan fisik dalam proses perencanaan


Proses perencanaan pembangunan daerah mencakup analisis terhadap aspek social, ekonomi dan fisik. Analisis ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi secara sistematis terhadap daerah yang dikaji untuk mengidentifikasi dan menguraikan isu serta permasalahan, potensi, kekuatan dan peluang daerah, merumuskan tujuan, mengevaluasi strategi pembangunan yang akan diterapkan. Ketiga aspek ini terjalin dengan gambaran sebagai berikut :
  1. Kondisi sosial masyarakat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program perencanaan pembangunan daerah. Kondisi social ekonomi masyarakat menjadi gambaran tentang kebiasaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Stratifikasi social yang membentuk hubungan hirarkis dalam proses kemasyarakatan, tingkat pendidikan dan fakta-fakta social lainnya merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan daerah.
  2. Kondisi ekonomi yang meningkat diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih baik untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan dibidang lainnya. Pertumbuhan ekonomi merupakan indicator keberhasilan pembangunan. Stabilitas ekonomi menjadi target utama yang harus diwujudkan melalui proses pembangunan.
  3. Kondisi fisik wilayah menjadi kajian utama dalam proses perencanaan pembangunan. Dalam hal ini mencakup daya tampung dan daya dukung wilayah termasuk ketersediaan sumberdaya alam. Semakin luasnya daya tampung wilayah untuk menampung masyarakat beserta aktivitas ekonominya dan didukung oleh kemampuan wilayah, maka proses pembangunan akan dapat terlaksana

No comments:

Post a Comment