Monday 10 December 2012

5 kota paling hijau

Perubahan iklim menjadi hal yang baru saja diperdebatkan demi menjaga kelangsungan bumi sebagai sebuah planet yang ditinggali manusia. Pengusahaan penghijauan dan penggunaan energi untuk kebutuhan manusia dimasa sekarang maupun masa yang akan datang telah dipertimbangkan kota-kota ini. Berikut 5 kota paling hijau yang menggunakan energi alam untuk kehidupan yang lebih baik :

Vancouver, Kanada

Konsep Kota Vancouver mengusung tema Suistainable atau keberlanjutan. Kota ini memanfaatkan sampah dan membangun kota dengan konsep "green". Kebutuhan listrik kota ini dipasok dari Hydroelectric, angin, matahari dan gelombang yang telah digunakan secara luas untuk menjaga kelestarian lingkungan kota. Vancouver merupakan kota yang menghargai warisan alam dan menjaga keberlanjutannya.

Malmo, Swedia

Merupakan salah satu kota yang memfokuskan pada ruang terbuka hijau dengan membangun banyak taman dan pengembangan perkotaan yang berkelanjutan. Malmo merupakan salah satu kota yang benar-benar indah, karena telah mengubah lingkungan mereka menjadi daerah yang ramah lingkungan. Dikota ini banyak dijumpai orang bersepeda karena mereka menghargai langit hijau dan tak ingin adanya polusi. 

Curitiba, Brazil

Merupakan kota di selatan Brazil yang menjadi ibukota negara bagian Parana (Estado). Pada mulanya merupakan kota pertambangan emas yang kemudian disulap menjadi kota dengan banyak sekali ruang terbuka hijau dan kebun botani yang sangat indah. Kota ini difokuskan menjadi kota paling hijau dan penduduknya disarankan untuk meninggalkan mobil mereka di rumah.

Portland Oregon, USA

Merupakan kota pertama yang memfokuskan pada transportasi yang menggunakan rel dan jaringan jalur sepeda yang mendorong orang untuk meninggalkan mobil mereka dirumah. Kota ini juga prime mover untuk mengurangi emisi dan memulai menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan untuk bangunan.

Reykjavik, Islandia

Merupakan ibukota dari Islandia, sebuah negara yang sangat dekat dengan kutub utara ini telah menggunakan pola hijau untuk kotanya. Dimana pasokan listrik 100% dari hydroelectric dan panas bumi. Sistem transportasi juga menggunakan bis-bis dengan bahan bakar hydrogen. 


dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment