Saturday 29 December 2012

Invest your money, here..!



Desa Kambitin dan Kambitin Raya yang berada dalam wilayah Kecamatan Tanjung, merupakan ujung tombak dalam pengembangan kegiatan budidaya pembesaran ikan di Kabupaten Tabalong dan daerah sekitarnya. Pada tahun 1999 Gubernur Kalimantan Selatan mencanangkan Desa Kambitin dan Desa Kambitin Raya yang berjarak 5 Km dari pusat kota Tanjung sebagai Desa Perbenihan ikan dengan kolam pembenihan seluas 93 hektar. Desa ini awalnya merupakan sebuah desa transmigrasi dari pulau Jawa. Produksi bibit ikan pada tahun tersebut lebih dari 12 juta ekor, dimana sekitar 95% diantaranya adalah bibit ikan mas. 

Kolam Pembenihan

Pada periode selanjutnya, Kabupaten Tabalong terkenal sebagai sentra pembibitan ikan di Pulau Kalimantan, khususnya ikan nila, mas, mujair dan patin yang terpusat di dua desa tersebut dengan kapasitas produksi 12.200.000 ekor atau rata-rata diproduksi 100.000 ekor/KK. Jangkauan pemasaran selain di wilayah Tabalong (30%) juga menjangkau Kabupaten Hulu Sungai Utara (25%), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (7%), Kabupaten Hulu Sungai Selatan (3%), Provinsi Kalimantan Tengah (30%), dan Provinsi Kalimatan Timur (5%). 

Kolam Pembesaran

Peluang pengembangan menjadikan Kambitin dan Kambiting Raya, menjadi sentra perikanan budidaya sangat memungkinkan mengingat potensi yang tersedia dikawasan ini terpenuhi, mulai dari luasan hamparan, sarana prasarana, sumberdaya manusia, maupun pasar benih. so, lets invest your money here!



No comments:

Post a Comment