Saturday 29 December 2012

Is it delicious?


Kata orang Tarap hidup di Tanjung tinggi-tinggi...mungkin bagi orang yang tidak mengerti arti sebenarnya beranggapan bahwa hidup di Tanjung serba mahal dan ga bisa kebeli. walaupun kenyataannya demikian, tapi tahukah anda kalo 'tarap' itu adalah nama buah. Buah ini banyak ditemui dipedalaman Kalimantan, entah di Pulau lainnya.. Kalo sudah musim buah ini, ikan-ikan pada tersingkir sebagai lauk makan. believe it or not..!

Tarap, hampir mirip buah nangka. tapi bentuknya bulat, kecil dan kulit luarnya seperti bulu-bulu panjang yang tidak tajam. Nama latinnya Artocarpus odoratissimus, tapi ku pikir Tarap ini lebih mirip buah sukun. hehe..

Pohon Tarap, mirip sukun kan?
Ini yang namanya buah Tarap
Kalo dah mateng, buahnya kuning dan manis
Buah ini klo yang belum mateng jadi pengganti lauk, tapi sebelumnya difermentasi dengan garam. simpan beberapa hari kemudian dicuci bersih dan goreng. Rasanya tidak ada duanya deh..

Lucu ya...tapi yummy lho...!
apalagi klo digoreng campur bawang dan cabe,
tambah netes dah air liurku
Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas kalimantan, khususnya di daerah hulu sungai. Biasanya daerah pedalaman sangat jarang nemu ikan laut...(ya...iya lah...hehe...CPD..!)...so, hasil alam dijadiin lauk makan. Nilai gizinya gimana ya...hadeuuh....yang penting MAKAN....!



No comments:

Post a Comment