Saturday 1 December 2012

Arti sebuah nama


Anakku yang pertama bernama Muhammad Izza Azzuri. Sebuah nama yang kuciptakan sendiri berbekal kamus-kamus nama yang baik untuk anak laki-laki. Nama Muhammad kuberikan diawal namanya sebagai  harapan, kelak ia akan menjadi seorang lak-laki terpuji yang islami sekaligus sebagai sanjungan kepada nabi. 

Izza mengandung arti kekuatan, itu harapanku saat melahirkannya melalui operasi cesar 4 tahun yang lalu agar ia menjadi anak yang kuat, tabah dan tegar. Sebuah harapan yang tentu saja mengandung arti luas. ku ingin ia sekuat baja, setabah ombak yang mengikis karang dan setegar gunung batu dipegunungan. Nama ini akhirnya kusadari telah mendarahdaging dengan jiwanya. kala ia sakit, izza tidak menangis sedikitpun saat jarum suntik menusuk tubuhnya. saat ia terluka, ia hanya meringis, sementara pada saat badannya panas 38 derajat, ia masih sanggup bermain dan berlari. Ajaib..!

Nama azzuri, sebenarnya pemberian kakeknya...tapi tentu saja itu melalui persetujuanku. Beliau bilang nama azzuri berarti langit biru. siapa yang tidak senang memandang langit biru?..birunya langit selain enak dipandang dan meneduhkan juga misterius. kita tidak tahu ada apa dibalik warna biru dan sepertinya hal itu memang ada pada izza. karena kadang-kadang aku pun tak mengerti apa yang dia mau. tapi setidaknya saat ini ku berusaha mengajarkan kepadanya tentang keterbukaan.

Jadi apa arti sebuah nama?
Nama adalah doa sekaligus harapan agar anak kelak menjadi orang seperti namanya. memberikan nama yang bermakna baik adalah kewajiban bagi orangtua. Rasulullah SAW menganjurkan "sesungguhnya pada hari kiamat nanti kamu sekalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapak-bapak kamu. oleh karena itu buatlah nama-nama yang baik untuk kamu sekalian". 

Jadi sekarang bagaimana dengan makna dan arti nama-namamu, teman?



2 comments:

  1. kalau jelita azka madina artinya apa....dooongg...

    ReplyDelete
  2. Im the best woman in the world, i think.. Pede Tingkat dewa...!

    ReplyDelete